Friday, May 4, 2012

Lawakan Di Televisi

Posted by Wendyana 10:07:00 PM

Pembaca yang berbahagia, kali ini saya ingin membahas tentang beberapa acara komedi di TV. Seperti menjadi fenomena saat ini, stasiun-stasiun televisi berlomba untuk menampilkan acara komedi menurut versinya masing-masing. Terkadang acara yang ada seakan meniru acara televisi lain. Mungkin stasiun-stasiun tersebut sedang mengejar rating yang bagus saat ini. Wajar sih, namanya juga nyari uang, harus pandai dalam mencari celah yang ada.

Tidak semua acara yang di tampilkan mendapat respon yang positif. Terkadang dalam acara tersebut terdapat adegan yang sebenarnya tidak boleh ditampilkan. Beberapa diantaranya malah ada yang menjurus ke arah kasar dan kurang baik. Beberapa acara komedi di televisi yang pernah saya lihat. Semoga bisa jadi referensi bagi pembaca sekalian.

     1. OVJ (Opera Van Java)

OVJ merupakan satu acara komedi di TRANS7. OVJ pertama kali tayang tanggal 27 November 2008 di TRANS7. Pada awalnya acara ini tayang satu kali dalam satu minggu. Namun dengan seiring berjalannya waktu dengan rating yang terus naik maka OVJ mulai menambah jam tayangnya, satu minggu dua kali, satu minggu tiga kali, bahkan sempat ful dalam satu minggu OVJ tayang, dan sekarang OVJ hadir seminggu lima kali. Karna seringnya OVJ tayang hingga OVJ punya sountrack sendiri yang pertama kali diperdengarkan ketika Sahurnya OVJ judunya “Kite Lagi”.

Ciri khas dalam acara ini adalah stereofoam yang biasa digunakan oleh para wayang untuk saling memukul. Ada juga nyanyian-nyanyian yang di medley oleh wayang. Kemudian Raja Gombal yaitu Andre yang sering mengucapkan kalimat gombal kepada bintang tamu wanita yang hadir, ya walaupun terkadang gombalannya rada ngelantur gak jelas.

Acara OVJ ini digawangi oleh :
1. Parto ( Dalang )
Mempunyai nama asli Eddy Supono yang lahir di Jakarta 17 April 1961, merupakan anggota dari group lawak Patrio
2. Sule
Mempunyai nama asli Entis Sutisna asli orang sunda yang lahir 15 November 1976, mulai dikenal saat ia menjuarai sebuah ajang pencarian bakat Audisai Pelawak Indonesia (API) di TPI bersam grupnya SOS.
3. Andre
Mempunyai nama asli Andre Taulany lahir di Jakarta 17 September 1974 dikenal saat menjadi vokalis band stinky.
4. Azis Gagap
Mempunyai nama asli Muhammad Azis lahir di Jakarta 22 Desember 1973, memiliki karakter seorang yang gagap dan sering menjadi bulan bulanan di OVJ.
5. Nunung
Memiliki nama asli Tri Retno Prayudati lahir di Solo 5 April 1964, dikenal saat menjadi pelawak di group lawak Srimulat, dan sering di gosipkan sedang dekat dengan Azis Gagap, dan pernah menikah 3 kali.

     2. Pesbukers

Pesbukers (sebelumnya Pesta Buka Bareng Selebriti) merupakan sebuah acara televisi yang ditayangkan oleh ANTV setiap Senin hingga Jumat pada awalnya, ditayangkan pada pukul 18:00 - 19:00 WIB. Acara ini pertama kali dimulai pada tanggal 25 Juli 2011. Yang berisi acara yang berhubungan dengan anak gaul (ABG) dan mengudara selama 60 menit (15 Menit sebelum Adzan Maghrib, dan dilanjutkan 3 menit kemudian setelah Iklan).

Pada awalnya, Pesbukers hanya disiarkan selama 1 1/2 jam setiap hari selama bulam ramadhan yang mulanya dirintis oleh Olga Syahputra, Jessica Iskandar, Raffi Ahmad, Opie Kumis, dan Kubil yang hanya menjadi acara unggulan selama menunggu berbuka puasa. kemudian, setelah menayangkan edisi spesial lebaran, Pesbukers kini tayang selama 1 jam, mulai 28 Oktober 2011.

Konten acaranya sendiri menurut saya rada kurang bagus. Bahkan orang tua saya sangat kesal ketika melihat adegan-adegan yang ada apa lagi ketika ada seorang yang namanya sapri. Kepala orang di emek-emek kaya gitu dan beberapa pengisi wanitanya selalu menonjolkan sisi sexy nya daripada humor yang intelek.

     3. COMEDY PROJECT

COMEDY PROJECT adalah sebuah variety show komedi, yang menampilkan kolaborasi antara grup lawak CAGUR dengan komedian ternama lainnya seperti Soimah, Adul dan Oppie Kumis. Juga menampilkan komedi musikal yang dibawakan oleh grup lawak Teamlo dan para bintang tamu yang memerankan peran tertentu dalam setiap ceritanya.

Acara ini mulai tayang pada 5 September 2011. Mungkin diantara acara yang lain acara ini bisa dibilang tidak terlalu dapat sorotan negatif, lawakan yang bisa dibilang sopan dan wajar. Tidak banyak hina dan ejek, tidak terlalu banyak main fisik. Udah gitu ada bagian favorit saya, yaitu pas sekmen wayang golek, mengangkat budaya yang ada Di Indonesia.


<////\\\\>
Ya mungkin saya hanya mengambil 3 acara yang menjadi acara komedi yang terhitung suka saya lihat (Kalau sedang mood). Masih banyak acara komedi lainnya yang baru beberapa kali saya lihat, mungkin lain kesempatan saya akan tulis.

Sebagai penutup, lawakan sebagai suatu unsur hiburan memang semakin berkembang seiring zaman. Tidak melulu komedi konvensinal dengan saling ejek atau mengumbar kelemahan fisik, pun jualan tampang atau fisik yang terbilang unik sebagai pemanis. Nampaknya tak cukup menjadi bekal para pelawak modern dengan ciri khasnya.

Mereka juga dituntut keahlian lain mulai dari kemampuan percakapan ataupun banyolan, gerakan, adegan, hingga kemampuan melawak melalui lagu dengan memarodikan lagu atau membuat lagu baru tetapi dengan lirik lucu.

//**Dikutip dari berbagai sumber.**\\

0 comments:

Post a Comment

Sopan santun diutamakan.
Tidak menyinggung SARA.

  • Total Kunjungan

  • Followers