Wednesday, November 6, 2013


Halo pembaca setia blog sederhana ini. Sori ni saya jarang banget posting. Ya saya selalu berharap apapun yang saya posting disini ada nilai manfaatnya.

Bercerita tentang pengalaman ketika punya netbook pada awal 2009 sih. Dulu saya beli dengan DVD external-nya. Nah pada suatu hari pas saya mudik saya kebingungan saat ini netbook tiba-tiba hang. Intinya sih dia minta di "inul" aka Instal Ulang. Mana DVD ketinggal dikosan. Alhasil bantuan mbah Google saya tau cara mengatasinya.

Agar tak panjang dan melebar sehingga menjadi rusmus luas bangun. ""Ah,, ngacapruk"". Intinya saya membuat Flashdisk saya bisa Bootable untuk windows yang akan saya instal. Caranya . . . . . . . .
Banyak jalan menuju roma begitu juga cara membuat Flashdisk tersebut bootable. Dari cara yang sulit dan ribet hingga cara yang mudah dan simple.

Kali ini saya akan memberikan cara termudah menurut saya loh. Yuuu mari disimak.....


1. Siapkan Flashdisk yang akan dibuat Bootable. 4Gb. Usahakan lebih.
2. Siapkan PC yang OSnya masih berjalan lancar.
3. Siapkan ISO OS yang akan kamu masukan kedalam.
4. Silahkan download Aplikasi Rufus disini.
5. Setelah selesai di download buka aplikasi tersebut.
Icon Rufus.
6. Setelah muncul tampilan seperti ini. Pilih FD yang akan kalian buat Bootable pada "Device".

Tampilan Rufus.
7. Pada "Partition scheme and target system type" pilih "MBR partition scheme for BIOS or UEFI computer"
8. Pada "File System" pilih "NTFS"
9. Pada "Cluster Size" cari yang "Default"
10. Untuk "New Volume" Label akan terisi otomatis saat File ISO dipilih.
11. Pilih "ISO Image" pada "Create a bootable disk using...." kemudian pilih ISO yang akan dimasukan dalam FD.
12. Klik "Start"
13. Silahkan menunggu dengan sabar. Prosesnya sekitar 10 menit.
14. Setelah selesai, pas Booting BIOS pilih dari Flashdisk anda, dan selanjutnya silahkan lanjutkan sesuai dengan OS yang anda instal.

Nah semoga dengan cara diatas yang sudah saya sampaikan bisa dipahami dan dimengerti. Selamat mencoba. Semoga Lancar.

0 comments:

Post a Comment

Sopan santun diutamakan.
Tidak menyinggung SARA.

  • Total Kunjungan

  • Followers