Friday, February 14, 2014

Pasang Flasher 7 Mode Di Honda BeAT FI

Posted by Wendyana 3:26:00 PM
Selamat datang di blog sederhana ini. Kalau sebelumnya saya pernah membahas bagaimana cara Pasang Flasher 7 Mode Di Vario Techno 110 maka kali ini masih membahas hal yang sama namun beda korban. Kali ini saya akan membahas pemasangannya di honda BeAT Fi. Semoga ini bisa membantu yang bingung untuk masang.

Oke lah kalau begitu, kita gak perlu banyak cingcong. Langsung eksekusi saja.

Tahap Pertama dan wajib hukumnya.

Sama kaya yang di Vario Techno 110, kita harus punya rangkaian flasher 7 modenya, bisa beli atau bagi yang bisa bikin ya bikin aja sendiri. Penampakanya seperti ini. ==>

ket gambar:
  1. Kabel warna Putih, sebagai sensor otomatis flasher
  2. Kabel warna Merah, Kontak +
  3. Kabel warna Biru, Ground / Accu -
  4. Kabel warna Hijau, Lampu sign kiri/kanan (+)
  5. Kabel warna Hijau, Lampu sign kiri/kanan (+)
  6. Kabel warna Putih, Saklar untuk mengaktifkan hazard


Kemudian kabel tambahan sesuai kebutuhan, saya saranin pake yang serabut minimal yang 0,75 mm, bisa pake juga yang 1mm. Katanya lebih besar lebih bagus. Kalau kemarin pakai sikring, kali ini sesuai sang “mpunya” motor minta dilangsung saja, jadi ya sudahlah sesuai request aja. Sisanya perlengkapan perang bongkar pasang, kaya obeng, kunci pas dan tang.

Tahap Kedua.

Bongkar batok depan dan seluruh bodi depan. Tak perlu penjelasan yang panjang lebar. Ada sekitar 12-14 skrup yang harus diputar berlawanan arah jarum jam. Lumayan tak sebanyak yang VarTech 110 cuy.

Tahap Ketiga.

Setelah proses bongkar dilaksanakan. Kini waktunya untuk merangkai satu demi satu kabel yang ada. Sebelumnya, letakan posisi flasher sesuai dengan tempat yang kosong. Kalau saya simpannya di bawah speedometer, diikat dengan cable ties.

Skema pemasangan.

Tahap Keempat.

Kabel pertama dipasang yaitu kabel no1 warna putih untuk sensor otomatis sign. Kabel ini dipasang pada flasher bawaan di jalur keluar flasher tau pada flasher dengan simbol L.

Tahap Kelima.

Kini bagian kabel no6 warna putih yang memiliki saklar yang dipasang. Saya simpan saklar pada bagian kiri batok belakang tepatnnya ditempat skrup ke batok depan (kebetulan motor pakai handguard dan batok depan kena papas pas bagian baudnya jadi bisa saya pakai). Untuk yang lain bisa pasang di sebelah kiri dibawah dudukan spion, atau di tempat yang mudah dijangkau oleh agan.

Tahap Keenam.

Setelah kabel-kabel yang panjang sudah di eksekusi, kini giliran yang pendek kita urus. Langkah saat ini saya sarankan untuk pasang kabel no3 warna biru. Supaya aman dan tidak bikin kesalahan fatal yang efeknya berbahaya. Pasang kabel ini ke ground atau Accu-. Jauh??? Memang, nah untuk negatif kita pasang saja ke bagian body, saya pasang di baud batok belakang sebelah kiri stang. Karena body sudah digabung ke Accu- oleh pabriknya. Jangan pasang ke negatif rem, karena saat kita tarik tuas rem maka status listrik jadi positif, takut konslet. CMIIW.

Tahap Ketujuh.

Sekarang kita urus kabel yang warna merah. Kabel ini menerima masukan arus Accu+. Supaya lebih awet saya saranin jangan pasang kabel ini langsung ke Accu+ karena jauh gan. Accu pada BeAT FI posisinya ada dibawah pijakan kaki depan sebelah kanan.


Saya pasang kabel ini ke kabel dari kunci kontak. Pasang pada kabel warna hitam. Untuk mentngecek pemasangan benar atau tidaknya cabut dulu atau matikan kontaknya, coba kabel merah yang sudah diperpanjang di tempelkan pada tiap kabel (Cuma ada 2 kabel), jika terdengar suara klik pada flasher berarti pemasangan salah, pasangkan kabel jika tidak bersuara "click". Kemudian jika kabel sudah dipasang kuatkan dengan cable ties.

Pada jenis motor lain bisa disesuaikan, disini. Jika sudah terpasang bisa di cek apakah flasher sudah terpasang dengan benar, caranya cukup menyalakan kontak dan dengarkan flasher, jika terdengan bunyi "click" pada flasher saat kontak dinyalakan berarti pemasangan tahap enam dan tujuh sudah berhasil. Jika salah, kemungkinan kabel longgar atau salah pemasanganya.

Tahap Kedelapan.

Kini tinggal pasang kabel no4 dan no5 warna hijau dengan kabel positif menuju lampu sign. Untuk BeAT ini saya pasang langsung di saklar bawaan lampu sign. Caranya cabut dulu kabelnya, kemudian pasang langsung. Tapi hati-hati, jangan salah. Pasang di warna yang pas. Bingung?? Buka jok motornya, atau liat di body depan yang dibuka. Mana kabel sign kiri dan kanan. Sudah ketemu?? Silahkan pasang 2 kabel warna hijau itu. Masing-masing 1 kabel, jangan dua-duanya. Kuatkan dengan cable ties.


Tahap Kesembilan.

Tahap terakhir, sebelum pemasangan body yang tadi dibongkar. Rapihkan rangkaian kabelnya kemudian cek flashernya. Pastikan sudah menyala sign kanan kirinya, dan juga cek sensor otomatisnya. Jika sudah menyala dengan benar silahkan pasang body motornya.





Untuk Video hasilnya dapat dilihat.


Alhamdulillah selesai juga, keep safety riding. Semoga catatan kecil ini dapat membantu agan-agan semua. Kritik dan saran selalu ditunggu dan diharapkan, agar bisa membangun diri saya dan blog sederhana ini.


Gambar diambil dari kaskus dan jepretan sendiri.
Video rekaman sendiri, ada yg pake hp sendiri ada juga punya temen.
NB: Nuhun kanggo mang Udunk nu tos mepercayakan motorna dibongkar.


42 comments:

  1. Replies
    1. Maaf baru jawab gan.

      posisi flasher ori beat ada di batok atas, dibawah speedometernya.

      Delete
  2. Replies
    1. Itu gan gambar pertama.
      Saya beli gan.
      Itu cuma tutorial pemasangan saja.

      Delete
  3. Kalo flaser saya : kabel merah besar 2, kabel putih kecil 1, kabel merah kecil 1 & kabel putih kecil 1 (jadi satu/menempel). Saklar mode 1 & saklar on/off 1. Saya beli tidak disertakan pemasangan. Mohon bantuan nya...trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kirim fotonya om?
      Via pesan FB aja om atau ke BM saya di 7db06a54

      Delete
  4. Buka dulu batoknya, terus lepas baut penghubung antara speedometer dan batok belakang, lepas dulu kabel speedometer biar gampang, sama lepas skrup yg nahan batok belakang dengan stang mtor.

    Semoga membantu om.

    ReplyDelete
  5. Ghan itu tahap kedelapan kabel sekringnya di copot?

    ReplyDelete
  6. Wihh ketemu lagi sm si agan yg di youtube, :D flashernya tahan air ga gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blom coba di tenggelemin gan, saran saya sih mending di simpet d tempat aman biar gk terkena aer.

      Delete
  7. Replies
    1. Coba Cari di daerah belakang lampu om,,
      Gampangnya sih nyalain lampu sein,
      cari yg ada suara klik om, disitu flasher berada,

      Delete
  8. Gan mohon bantuan,saya beli flaser hazard pemasanganny udh bener tp ko g nyala

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek apa flashernya masih nyala atau tidak.
      BTW beli flahser apa gan??

      Delete
  9. Gan, kok gak kuat buat di statter??
    di Flasher tulisan nya
    3A 250V AC
    3A 30V DC

    ReplyDelete
  10. ane udah coba gan, tapi pas motor di starter dan nyala,kedua sein ikut nyala, padahal posisi saklar nya off, dan jika di on kan, kedipan ga sempurna. nyala terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo itu sih kayanya ada kesalahan pemasangan om, mungkin di kabel positifnya bukan yang dari salkar kuncinya...

      Delete
  11. Sy uda coba pasang gan tp knp nyalanya pincang ya gan?yg kanan terang yg kiri redup,mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  12. gan ko motor ane nggak kuat nyala berbarengan lambu sennya... apa yang harus diganti gan, flashernya apa saklar hazardnya gan,,???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Flasher biasanya yg bermasalhnya gan, jarang ada masalah d saklarnya.

      Delete
  13. Banyak ko yg jualan di online, Kaskus, Bukalapak DLL, coba search aja

    ReplyDelete
  14. flasher bawaan pabrik tetap di pasang atau di lepas gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Flasher bawaan tetep dipasang gan, itu fungsinya untuk ngedipin seinnya. lihat di videonya gan.

      Delete
  15. Bang kabel birunya gimana ? Masabgnya bingung nih

    ReplyDelete
  16. Gan ane kan beli lampu led plus flashernya, ane pasang flashernya di bawah spedometer yg Ori d ganti flasher yg buat khusus kedip lampu sein, nah pas ane coba nyalain sein malah nyala dua duanya gan, ane sein ke kiri dua duanya nyala ke kanan sama gan .. Mohon pencerahan nya apa ada yanv kurang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek rangkaian gan, itu keknya ada yang nempel kabel sein nya jadi nyambung. Oh ia apa pake rangkaian hazard atau gak?

      Delete
  17. bang itu posisi hazzard nyala kalo di sein kanan apa bisa otomatis mati sendiri seinnya?

    ReplyDelete
  18. maksud ane apa hazardnya bisa otomatis mati pas di sein ke kanan?

    ReplyDelete
  19. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  20. mau nanya gan, kenapa pas saya ganti lampu speedo beat FI saya dengan LED sering cpet mati?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kualitas lampu LED nya kurang baik, atau tegangan yang diberikan tidak stabil, masih AC belum DC kayaknya.

      Delete
  21. Yang beat pop tempat flashernya dimana yah ?

    ReplyDelete
  22. Gan nama facebok nya apa mau tanya soal kabel flesher. Beda gan

    ReplyDelete

Sopan santun diutamakan.
Tidak menyinggung SARA.

  • Total Kunjungan

  • Followers