Selamat datang di blog sederhana
ini. Kalau sebelumnya saya pernah membahas bagaimana cara Pasang Flasher 7 Mode Di Vario Techno 110 maka kali ini masih membahas hal yang sama namun
beda korban. Kali ini saya akan membahas pemasangannya di honda BeAT Fi. Semoga
ini bisa membantu yang bingung untuk masang.
Oke lah kalau begitu, kita gak
perlu banyak cingcong. Langsung eksekusi saja.
Tahap Pertama dan wajib hukumnya.
Sama kaya yang di Vario Techno
110, kita harus punya rangkaian flasher 7 modenya, bisa beli atau bagi yang
bisa bikin ya bikin aja sendiri. Penampakanya seperti ini. ==>
ket gambar:
- Kabel warna Putih, sebagai sensor otomatis flasher
- Kabel warna Merah, Kontak +
- Kabel warna Biru, Ground / Accu -
- Kabel warna Hijau, Lampu sign kiri/kanan (+)
- Kabel warna Hijau, Lampu sign kiri/kanan (+)
- Kabel warna Putih, Saklar untuk mengaktifkan hazard
Kemudian kabel tambahan sesuai
kebutuhan, saya saranin pake yang serabut minimal yang 0,75 mm, bisa pake juga yang
1mm. Katanya lebih besar lebih bagus. Kalau kemarin pakai sikring, kali ini
sesuai sang “mpunya” motor minta dilangsung saja, jadi ya sudahlah sesuai request aja. Sisanya perlengkapan perang
bongkar pasang, kaya obeng, kunci pas dan tang.
Tahap Kedua.
Bongkar batok depan dan seluruh
bodi depan. Tak perlu penjelasan yang panjang lebar. Ada sekitar 12-14 skrup yang
harus diputar berlawanan arah jarum jam. Lumayan tak sebanyak yang VarTech 110 cuy.
Tahap Ketiga.
Setelah proses bongkar
dilaksanakan. Kini waktunya untuk merangkai satu demi satu kabel yang ada.
Sebelumnya, letakan posisi flasher sesuai dengan tempat yang kosong. Kalau saya
simpannya di bawah speedometer, diikat dengan cable ties.
Skema pemasangan.
Tahap Keempat.
Kabel pertama dipasang yaitu
kabel no1 warna putih untuk sensor otomatis sign. Kabel ini dipasang pada
flasher bawaan di jalur keluar flasher tau pada flasher dengan simbol L.
Tahap Kelima.
Kini bagian kabel no6 warna putih
yang memiliki saklar yang dipasang. Saya simpan saklar pada bagian kiri batok
belakang tepatnnya ditempat skrup ke batok depan (kebetulan motor pakai
handguard dan batok depan kena papas pas bagian baudnya jadi bisa saya pakai). Untuk
yang lain bisa pasang di sebelah kiri dibawah dudukan spion, atau di tempat
yang mudah dijangkau oleh agan.
Tahap Keenam.
Setelah kabel-kabel yang panjang
sudah di eksekusi, kini giliran yang pendek kita urus. Langkah saat ini saya
sarankan untuk pasang kabel no3 warna biru. Supaya aman dan tidak bikin
kesalahan fatal yang efeknya berbahaya. Pasang kabel ini ke ground atau Accu-. Jauh???
Memang, nah untuk negatif kita pasang saja ke bagian body, saya pasang di baud
batok belakang sebelah kiri stang. Karena body sudah digabung ke Accu- oleh
pabriknya. Jangan pasang ke negatif rem, karena saat kita tarik tuas rem maka
status listrik jadi positif, takut konslet. CMIIW.
Tahap Ketujuh.
Sekarang kita urus kabel yang
warna merah. Kabel ini menerima masukan arus Accu+. Supaya lebih awet saya
saranin jangan pasang kabel ini langsung ke Accu+ karena jauh gan. Accu pada BeAT
FI posisinya ada dibawah pijakan kaki depan sebelah kanan.
Saya pasang kabel ini ke kabel
dari kunci kontak. Pasang pada kabel warna hitam. Untuk mentngecek pemasangan
benar atau tidaknya cabut dulu atau matikan kontaknya, coba kabel merah yang
sudah diperpanjang di tempelkan pada tiap kabel (Cuma ada 2 kabel), jika
terdengar suara klik pada flasher berarti pemasangan salah, pasangkan kabel
jika tidak bersuara "click". Kemudian jika kabel sudah dipasang kuatkan dengan
cable ties.
Pada jenis motor lain bisa
disesuaikan, disini. Jika sudah terpasang bisa di cek apakah flasher sudah
terpasang dengan benar, caranya cukup menyalakan kontak dan dengarkan flasher,
jika terdengan bunyi "click" pada flasher saat kontak dinyalakan berarti
pemasangan tahap enam dan tujuh sudah berhasil. Jika salah, kemungkinan kabel
longgar atau salah pemasanganya.
Tahap Kedelapan.
Kini tinggal pasang kabel no4 dan
no5 warna hijau dengan kabel positif menuju lampu sign. Untuk BeAT ini saya
pasang langsung di saklar bawaan lampu sign. Caranya cabut dulu kabelnya,
kemudian pasang langsung. Tapi hati-hati, jangan salah. Pasang di warna yang
pas. Bingung?? Buka jok motornya, atau liat di body depan yang dibuka. Mana kabel
sign kiri dan kanan. Sudah ketemu?? Silahkan pasang 2 kabel warna hijau itu. Masing-masing
1 kabel, jangan dua-duanya. Kuatkan dengan cable ties.
Tahap Kesembilan.
Tahap terakhir, sebelum
pemasangan body yang tadi dibongkar. Rapihkan rangkaian kabelnya kemudian cek flashernya.
Pastikan sudah menyala sign kanan kirinya, dan juga cek sensor otomatisnya. Jika
sudah menyala dengan benar silahkan pasang body motornya.
Untuk Video hasilnya dapat dilihat.
Alhamdulillah selesai juga, keep
safety riding. Semoga catatan kecil ini dapat membantu agan-agan semua. Kritik dan saran selalu ditunggu
dan diharapkan, agar bisa membangun diri saya dan blog sederhana ini.
Gambar diambil dari kaskus dan
jepretan sendiri.
Video rekaman sendiri, ada yg
pake hp sendiri ada juga punya temen.
NB: Nuhun kanggo mang Udunk nu tos mepercayakan motorna dibongkar.
NB: Nuhun kanggo mang Udunk nu tos mepercayakan motorna dibongkar.
tempat flasheernya ori dimana gan
ReplyDeleteMaaf baru jawab gan.
Deleteposisi flasher ori beat ada di batok atas, dibawah speedometernya.
Rangkaian flasher 7 mode nya mana gan?
ReplyDeleteItu gan gambar pertama.
DeleteSaya beli gan.
Itu cuma tutorial pemasangan saja.
Kalo flaser saya : kabel merah besar 2, kabel putih kecil 1, kabel merah kecil 1 & kabel putih kecil 1 (jadi satu/menempel). Saklar mode 1 & saklar on/off 1. Saya beli tidak disertakan pemasangan. Mohon bantuan nya...trims.
ReplyDeleteBisa kirim fotonya om?
DeleteVia pesan FB aja om atau ke BM saya di 7db06a54
Buka dulu batoknya, terus lepas baut penghubung antara speedometer dan batok belakang, lepas dulu kabel speedometer biar gampang, sama lepas skrup yg nahan batok belakang dengan stang mtor.
ReplyDeleteSemoga membantu om.
Ghan itu tahap kedelapan kabel sekringnya di copot?
ReplyDeleteItu Kabel Sein om, bukan sikring.
DeleteWihh ketemu lagi sm si agan yg di youtube, :D flashernya tahan air ga gan?
ReplyDeleteBlom coba di tenggelemin gan, saran saya sih mending di simpet d tempat aman biar gk terkena aer.
DeleteGan tmpt flasher scoopy fi dmna??
ReplyDeleteCoba Cari di daerah belakang lampu om,,
DeleteGampangnya sih nyalain lampu sein,
cari yg ada suara klik om, disitu flasher berada,
Gan mohon bantuan,saya beli flaser hazard pemasanganny udh bener tp ko g nyala
ReplyDeleteCoba cek apa flashernya masih nyala atau tidak.
DeleteBTW beli flahser apa gan??
Gan, kok gak kuat buat di statter??
ReplyDeletedi Flasher tulisan nya
3A 250V AC
3A 30V DC
Om pake flasher apaan???
Deleteane udah coba gan, tapi pas motor di starter dan nyala,kedua sein ikut nyala, padahal posisi saklar nya off, dan jika di on kan, kedipan ga sempurna. nyala terus
ReplyDeleteKalo itu sih kayanya ada kesalahan pemasangan om, mungkin di kabel positifnya bukan yang dari salkar kuncinya...
DeleteBeli flasher.a dmn gan...?
ReplyDeleteboleh bisa ke saya mas
DeleteSy uda coba pasang gan tp knp nyalanya pincang ya gan?yg kanan terang yg kiri redup,mohon pencerahannya
ReplyDeletePake flasher 7 mode gan atau flasher biasa???
Deletegan ko motor ane nggak kuat nyala berbarengan lambu sennya... apa yang harus diganti gan, flashernya apa saklar hazardnya gan,,???
ReplyDeleteFlasher biasanya yg bermasalhnya gan, jarang ada masalah d saklarnya.
DeleteBanyak ko yg jualan di online, Kaskus, Bukalapak DLL, coba search aja
ReplyDeleteflasher bawaan pabrik tetap di pasang atau di lepas gan
ReplyDeleteFlasher bawaan tetep dipasang gan, itu fungsinya untuk ngedipin seinnya. lihat di videonya gan.
DeleteBang kabel birunya gimana ? Masabgnya bingung nih
ReplyDeleteTinggal baut ke rangka motor aja gan.
DeleteGan ane kan beli lampu led plus flashernya, ane pasang flashernya di bawah spedometer yg Ori d ganti flasher yg buat khusus kedip lampu sein, nah pas ane coba nyalain sein malah nyala dua duanya gan, ane sein ke kiri dua duanya nyala ke kanan sama gan .. Mohon pencerahan nya apa ada yanv kurang ?
ReplyDeleteCek rangkaian gan, itu keknya ada yang nempel kabel sein nya jadi nyambung. Oh ia apa pake rangkaian hazard atau gak?
Deletegan klo masang flaser nya 2 gmana bisa gk
ReplyDeletePasang 2 kaya gimana gan??
DeleteFlashernya apa aja??
bang itu posisi hazzard nyala kalo di sein kanan apa bisa otomatis mati sendiri seinnya?
ReplyDeletemaksud ane apa hazardnya bisa otomatis mati pas di sein ke kanan?
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
Deletemau nanya gan, kenapa pas saya ganti lampu speedo beat FI saya dengan LED sering cpet mati?
ReplyDeleteKualitas lampu LED nya kurang baik, atau tegangan yang diberikan tidak stabil, masih AC belum DC kayaknya.
DeleteYang beat pop tempat flashernya dimana yah ?
ReplyDeleteGan nama facebok nya apa mau tanya soal kabel flesher. Beda gan
ReplyDelete